Honda Motocompo, Motor Yang Sempat Dijual Dengan Pembelian mobil
Di era 90-an, Honda pernah menawarkan promo pembelian terhadap dua lini city carnya, Honda Today dan Honda City generasi pertama. Promo tersebut ialah setiap pembelian salah satu dari kedua model mobil tersebut akan mendapatkan satu unit sepeda motor lipat.
Sepeda motor lipat yang dimaksud disini ialah Honda NCZ 50 atau yang biasa disebut dengan Honda Motocompo. Honda sengaja melakukan promo bundling mobil dengan sepeda motor ini karena Honda Motocompo memiliki kemampuan bisa dilipat hingga muat di bagasi city car lansiran Honda.
Motor lipat ini memang awalnya dipasarkan pakai sistem paket pembelian Honda Today dan Honda City, tapi tidak lama setelah itu Honda memutuskan untuk menawarkan motor ini dengan penjualan terpisah.
Namun sayangnya, penjualan Honda Motocompo tidak begitu menggembirakan. Selama masa produksinya dari tahun 1981 hingga 1983, Honda hanya memproduksi sebanyak 53.369 unit Motocompo ke pasaran, itupun sebagian besarnya karena tertolong dengan penjualan Honda City dan Honda Today.
Ya ukurannya memang tidak besar, ukurannya hanya sedikit lebih besar dari radio compo ukuran besar. Bahkan beratnya hanya seberat 42 kg saja. Bentuknya juga didominasi nuansa mengotak bagaikan radio compo zaman dulu.
Ukuran bannya juga benar-benar kecil untuk sebuah sepeda motor, yakni hanya berdiameter 8 inci saja. Tentunya hal tersebut sengaja diaplikasikan oleh Honda agar motor tersebut dapat ditaruh dimana saja, termasuk bagasi city car sekalipun.
Mesin yang digunakan sebesar 50 cc 2 tak berkode AB12E yang dapat menghasilkan tenaga sebesar 2,5 HP saja. Konsumsi BBM-nya juga terbilang irit, yakni dapat menempuh jarak hingga 70 Km dalam satu liter BBM saja.
Dikutip dari detik dan gridoto, ada beberapa orang di Indonesia yang memiliki Honda Motocompo sebagai salah satu barang koleksiannya, yang dimana harga bekasnya paling murah dijual dengan harga Rp 30 jutaan dan yang paling mahal Rp 70 jutaan tergantung kondisi.